Cara Memilih Kabel SDI Video

Serial Digital Interface (SDI) adalah standard transmisi video digital yang digunakan oleh para professional. SDI dirancang dan dijadikan standard oleh SMPTE (The Society of Motion Picture and Television Engineering) pada tahun 1989. Standard SDI terus berkembang dari SDI, HD-SDI, 3G-SDI, 6G-SDI, 12G-SDI, dan seterusnya. Pada saat artikel ini ditulis, standard yang paling umum digunakan adalah SDI (480i), HD-SDI (1080i), dan 3G-SDI (1080p).

Transmisi signal SDI menggunakan kabel coaxial 75 Ohm, dan terpasang dengan connector BNC. Walaupun terlihat seperti kabel coaxial dan connector BNC biasa, namum signal SDI lebih sensitif, sehingga memerlukan kabel dan connector yang lebih presisi dibanding kabel video analog.

Memilih Kabel SDI

Begitu banyak kabel SDI yang tersedia di pasaran. Bagaimana cara memilih kabel SDI yang terbaik? Berikut adalah faktor yang dapat membantu kita untuk memilih kabel SDI.

Mobile installation

Jika kabel SDI anda digunakan untuk kamera gerak (shooting), atau sering dibongkar pasang (rental), kami sarankan untuk menggunakan kabel dengan conductor serabut (stranded copper core).
Kelebihan dari kabel serabut adalah flexible, mudah digulung, dan lebih awet. Kekurangannya adalah jarak maksimal transmisi, dan juga harganya lebih tinggi dibandingkan dengan kabel tunggal.

Untuk kamera gerak, pilihan terbaik adalah Canare L45CHWS.
Alternatif yang lebih ekonomis atau untuk penarikan jarak dekat, bisa menggunakan Canare LV61S atau Digitalpro 5975.

Fixed installation

Untuk instalasi jarak jauh dan permanent (tidak sering bergerak dan jarang bongkar pasang), kami sarankan menggunakan kabel SDI conductor tunggal karena lebih efisien.
Ada dua jenis kabel SDI tunggal yang kami rekomendasikan:

  1. Canare L25CHD
    Diameter kabel hanya sekitar 4mm, kecil dan ringan. Cocok untuk kabel jumper antar perangkat seperti SDI monitor, video mixer, converter, dll.
    Jangan meragukan kabel ini dari ukurannya, karena walaupun kecil, kabel ini adalah kabel khusus SDI, dan juga sering digunakan untuk keperluan broadcast.
    Kelemahan kabel ini adalah daya tahan fisiknya. Karena kulitnya tipis, kabel ini lebih cocok untuk internal wiring dan pemasangan di tempat yang tidak terinjak2.
  2. Canare L4CHD atau Belden 1505a
    Ukuran kabel RG59, cocok untuk instalasi jarak jauh. Kabel ini sering digunakan di studio rekaman dan stasiun televisi (broadcast).

Panduan Jarak Maksimal Kabel SDI

Berikut adalah tabel yang kami rangkum untuk membantu menentukan pilihan kabel berdasarkan jarak dan resolusi video yang diinginkan.

Memilih Connector BNC

Setelah menentukan pilihan kabel, ada satu hal lagi yang perlu dipastikan, yaitu kualitas connector BNC. Pastikan anda menggunakan connector BNC dengan impedansi 75 Ohm. Semua kabel SDI BNC yang dijual oleh TokoKabel.com menggunakan connector crimping BNC CANARE true 75 Ohm. Kualitas pemasangan connector kami terjamin karena menggunakan tool orisinil Canare, dan teknisi kami telah berpengalaman memasang ribuan connector BNC.